untuk rambut ku

>> Thursday, August 19, 2010

PELURUSAN RAMBUT (REBONDING)

Rebonding merupakan proses kimia untuk meluruskan rambut. Pada proses rebonding, setelah proses kimia untuk memecah ikatan disulfida (ikatan kimia antara dua gugus sulfat di rambut yang membuat rambut elastis dan memengaruhi bentuk rambut: ikal, lurus, dan lainnya), masih ada lagi langkah "menyeterika rambut" menggunakan alat styling khusus supaya rambut lurus. Kemudian barulah bahan kimia untuk menetralkan digunakan sebagai pembentuk ulang dan penstabil ikatan disulfida. Waktu yang dibutuhkan untuk menyetrika rambut tergantung dari tebal dan panjangnya rambut, berkisar 30 menit hingga 1 jam.

Namun, proses total rebonding berkisar 3-4 jam.

Rebonding pun harus dikerjakan oleh tenaga profesional secara tepat karena bahan kimia yang digunakan tergolong keras. Salah-salah, batang rambut akan rapuh, mudah patah, dan rontok. Selain itu, kontak dengan kulit kepala dan kulit lainnya dapat menyebabkan iritasi. Proses "menyetrika rambut" juga harus dilakukan hati-hati karena panasnya lebih dari 180 derajat celcius.

Rebonding umumnya perlu diulang sekitar 6 bulan, atau ketika rambut sudah memanjang. Jangan melakukannya kurang dari kurun waktu tersebut karena rambut yang sering terpajan bahan kimia keras lama-kelamaan akan rusak.


TIP PERAWATAN

- Jaga rambut agar tak basah selama tiga hari pertama setelah rebonding. Maksudnya supaya stabil dahulu dan dapat bertahan lebih lama.

- Jangan ikat rambut selama minggu pertama agar bentuk rambut stabil dan dapat bertahan lebih lama.

- Lakukan perawatan rambut untuk menjaga kesehatannya seperti creambath, hair spa, hair masker, deep conditioner, dan lain-lain, setelah 3 hari sampai 1 bulan rebonding. Sesuaikan dengan saran tenaga profesional.

- Gunakan sampo dan conditioner yang sesuai. Pilih yang mengandung cukup pelembap. Proses rebonding mengikis banyak minyak/pelembap alami rambut sehingga harus digantikan dari luar.


PENGERITINGAN RAMBUT (WAVE)


Proses pengeritingan permanen atau perm memakai bahan kimia yang cukup keras sehingga harus dilakukan secara tepat oleh tenaga profesional. Bahan kimia ini harus dijaga agar seminimal mungkin berkontak dengan kulit. Sekalipun bahan pengeriting ada yang tidak terlalu iritatif, namun jika terkena kulit risikonya tetap ada, yaitu memicu alergi atau menyebabkan iritasi, mulai ringan hingga berat. Umumnya ditandai dengan bercak merah yang gatal, perih, panas, dapat disertai lenting atau lepuh berisi air.

Bila kulit kepala terasa panas di saat menjalani proses perm, segera cuci bersih. Proses perm yang berlebihan atau yang dilakukan tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan rambut. Rambut jadi rapuh, kering dan kasar. Sebaiknya, lakukan perm hanya pada daerah rambut yang perlu, tidak usah seluruhnya. Selain itu, rambut yang telah dicat sebaiknya tidak di-perm. Warnai rambut setelah perm. Lama proses perm ini tergantung dari bentuk/intensitas ikal yang diinginkan. Setidaknya, total prosesnya butuh waktu 2 jam.


TIP PERAWATAN


- Jangan terlalu sering melakukan perm. Kontak berlebih dengan bahan kimia yang digunakan akan merusak rambut secara permanen. Hasil perm dapat bertahan 3-5 bulan. Baru setelah efeknya hilang, perm dapat dilakukan lagi. Disarankan, paling cepat pengulangan dilakukan 6 bulan setelah perm terakhir. Pertimbangkan pula kesehatan rambut. Bila rambut rusak (kering, mudah patah) akibat proses perm terakhir, sebaiknya perm ulangan ditunda dahulu hingga rambut kembali sehat.

- Jangan gunakan sikat rambut dan jangan keramas hingga 2-3 hari setelah proses perm untuk memastikan hasilnya dapat bertahan cukup lama (beberapa bulan). Kalau perlu, gunakan rol rambut untuk menegaskan kembali gelombang rambut yang sudah terbentuk.

- Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai. Misal, sampo khusus untuk rambut di-perm dan gunakan conditioner. Proses perm mengikis banyak minyak/pelembap alami rambut sehingga harus digantikan/diberikan dari luar.

- Sisir rambut perlahan dan hati-hati sehingga ikal/keritingnya tetap terjaga. Gunakan sisir bergigi jarang.


sumber>>>klik di sini



Bagaimana Jaga Kesihatan Rambut?

Lakukan pola hidup sehat
Pola hidup sehat mencakup tidak merokok, rajin berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, juga melakukan refreshing dan relaksasi agar pikiran tidak menjadi stress. Untuk makanan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, selenium karena zat ini yang sangat baik menjaga kesehatan rambut.

1.Usahakan tidur cukup dan nyenyak setiap hari
Bila tidur Anda terganggu, hal ini dapat menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Akibatnya rambut tidak mendapat nutrisi yang cukup dan menyebabkan rambut kusam. Oleh karena itu, jangan bebani pikiran Anda dengan hal-hal yang dapat mengganggu tidur Anda.

2.Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai
Bila menggunakan produk perawatan rambut, perhatikan komposisi produk. Hindari produk yang berbahan alkohol dalam konsentrasi tinggi karena kandungan tersebut dapat merusak rambut. Saat menggunakan produk tersebut, jangan langsung dikenakan di kulit kepala karena menyebabkan pori-pori kepala tertutup dan dapat merusak kulit kepala yang selanjutnya merusak rambut.

3.Bila berenang, olesi dengan air basa atau penutup rambut
Tujuan dari hal ini adalah agar rambut tidak terkontaminasi dengan air kolam yang kandungan kimianya dapat merusak rambut Anda.

4.Gunakan sisir dari kayu
Sisir yang terbuat dari kayu dapat mengurangi kerontokan rambut. Kebersihan sisir juga perlu dijaga agar kotoran yang ada dalam sisir tidak melekat pada rambut Anda.

5.Pilih shampoo yang sesuai
Setelah memperhatikan jenis rambut, hal ini menjadi dasar bagi Anda untuk memilih shampo yang akan dipakai. Pilih shampo yang berkualitas yang sesuai dengan kondisi rambut.

sumber>>>klik di sini



 Masalah Rambut dan Solusinya

Perawatan dan produk yang ditawarkan terdiri atas perawatan untuk kulit kepala dan perawatan untuk batang rambut, tergantung dari masalah rambut yang didapati.
Berikut adalah permasalahan pada rambut dan kulit kepala:
Masalah pada batang rambut:
- Rambut normal
- Rambut kering
- Rambut rosak (patah dan bercabang)
- Rambut yang diwarnai
- Rambut yang di-smoothing (pelurusan)
Masalah pada kulit kepala:
- Kulit kepala normal
- Kulit kepala sensitif
- Kulit kepala berketombe
- Kulit kepala berminyak

Solusi dan perawatan untuk batang rambut dan kulit kepala:
Perawatan untuk batang rambut:
- Essential Masque/Essential Therapy
- Dry Masque/Dry Therapy
- Repair Masque/Repair Therapy
- Color Masque/Color Therapy
- Smooth Masque/Smooth Therapy
Perawatan untuk kulit kepala:
- Anti Hairloss Therapy
- Anti Dandruff Spa/Anti Dandruff  Therapy
- Anti Oily Therapy
- Refresh Spa/Refresh Therapy






sumber>>>klik di sini 

0 komen:

Post a Comment

kepada yang baca blog ini semata-mata sebab nak menyibuk dan dengki pada cik q,terima kasih yeh kerana sudi datang melawat,blog ini diciptakan macam sampah,segala isinya ditaip ikut suka hati,walaupun tidak berguna tapi dicipta oleh aku dan diciptakan untuk aku,kalau tak suka tak payah baca,terus bla jer,pergi la jenguk blog-blog yang glamour dan best,
aku nie tak glamour pun,akhir kata..kehidupan harus diteruskan,walaupun keputusan yang dibuat seringkali salah dan dikesali,
so...happykan diri...happykan hidup....

  © cnq Simple n' Sweet by just2qasehlaura.com 2009

Back to katak hijau